Latar Belakang Inovasi

Puskesmas Larangan  merupakan salah satu jenis Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama memiliki peranan penting dalam sistem kesehatan nasional. Sebagaimana dalam Permenkes No. 43 tahun 2019 tentang Puskesmas. Peranannya sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Puskesmas memprioritaskan di bidang promotif dan preventif yang tertuang dalam kegiatan pokok Puskesmas yaitu Administrasi dan Manajemen, Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM), dan Usahaha Kesehatan Perorangan (UKP).

Dalam Program Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) diantaranya adalah program esensial dan program pengembangan. Adapun program pengembangan itu sendiri terdapat beberapa program diantaranya program Upaya Kesehatan Olahraga (UKO). Berdasarkan hasil capaian, pencapaian kinerja Puskesmas (PKP) tahun 2020 Program Kesehatan Olahraga capaiannya masih sangat rendah yaitu dari sasaran Kelompok/Klub Olahraga yang di bina dari target 100% mencapai 31%. Upaya Kesehatan Olahraga (UKO) adalah upaya kesehatan yang memanfaatkan aktifitas fisik  untuk meningkatkan derajat kesehatan. Aktifitas fisik  atau olahraga merupakan sebagian kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari karena dapat meningkatkan kebugaran yang diperlukan dalam  melakukan  tugasnya. Upaya kesehatan olahraga membantu  masyarakat untuk tetap bugar dalam berbagai usia dan pentingnya bagi usia lanjut adalah untuk menjaga kesehatannya dengan berolahraga.

Kurangnya bergerak dan berlatih merupakan faktor resiko yang bisa menyebabkan kepikunan dan berbagai macam penyakit , seperti penyakit jantung, stroke, penyakit paru, diabetes, hipertensi, dll. Tidak hanya itu, kurangnya latihan/aktifitas fisik dapat juga menyebabkan kecacatan berkepanjangan. Kegiatan berolahraga juga mampu mengendalikan angka penyakit tidak menular yang disebabkan oleh pola hidup antara lain seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, sehingga dengan berolahraga dan aktifitas fisik dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Tujuan Melakukan Inovasi

Tujuan Umum

  • Untuk meningkatkan pemahaman pentingnya Olah raga bagi masyarakat.

Tujuan Khusus

  • Mengajak masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan olahraga

  • Mengurangi faktor – faktor resiko penyebab penyakit sejak dini

  • Mengetahui tingkat pengukuran kebugaran jasmani.

Manfaat Melakukan Inovasi

  1. Meningkatkan koordinasi dengan lintas program.
  2. Untuk tercapainya program  kelompok  kesehatan olahraga
  3. Terlaksananya kegiatan olahraga bagi masyarakat yang sehat, bugar dan produktif.
  4. Meningkatkan taraf kesehatan masyarakat melalui olahraga fisik secara teratur.

Rencana Kegiatan Inovasi

Pembinaan kelompok kesehatan olahraga bersama lintas program dan yang terkait. Kegiatan ini dilaksanakan di setiap Desa dan dilakukan setiap pagi sesuai hari yang telah ditentukan pada pukul 08.00 – 09.00 WIB. Adapun bentuk-bentuk kegiatan bisa mengarah misalnya pada kelompok Lanjut Usia, kelompok Ibu PKK, kelompok Karang Taruna, kelompok Poskestren, seluruh kelompok masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Larangan dengan cara melakukan senam bersama kurang lebih 60 – 120  menit.

Kegiatan Yang Telah Berjalan:

One thought on “Inovasi GELORA “HEBAT” (Gerakan Berolahraga “Happy Bersama untuk Sehat”)”
  1. Artikel blog yang menarik seputar inovasi gerak olahraga untuk kesehatan. Berbagai penyakit, pada jantung pun harus ditangani dengan penanganan medis. Harapan Kita merupakan salah satu rumah sakit pusat perawatan yang menangani penyakit jantung terbaik di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *